Sejarah Implan Gigi

Sejarah Implan Gigi - Pada tahun 600 M, orang-orang suku Maya mengganti gigi mereka yang hilang dengan menanamkan batu, kulit kerang, dan batu giok ke dalam rahang, dan menurut para arkeolog, beberapa implan gigi primitif ini benar-benar menyatu dengan rahang.

Sejarah Implan Gigi

Sejarah Implan Gigi
Sejarah Implan Gigi

Dalam sejarah yang lebih modern di tahun 1952, seorang ahli bedah ortopedi bernama Profesor Per-Ingvar Branemark mencoba untuk memindahkan perlengkapan titanium yang telah dipasangnya ke rahang pasien untuk mempelajari penyembuhan tulang. Titanium telah menyatu dengan tulang, dan sekarang kita mengetahui fenomena alam ini sebagai osseointegrasi. Branemark melanjutkan pekerjaannya dengan osseointegration, menanamkan implan titanium ke pasien yang memiliki kelainan bentuk rahang parah dan yang berakibat pada  gigi yang hilang. Pasien, Gosta Larsson, adalah orang pertama yang menerima implan gigi titanium.

Pada 1970-an, hanya dalam beberapa kasus terdokumentasi, implan dilakukan dengan operasi di rahang pasien untuk mendapatkan gigi palsu penuh. Kasus awal ini dilakukan karena keputusasaan, ketika pasien mengalami masalah dengan gigi palsu konvensional yang tidak nyaman. Pada tahun 1982, setelah Branemark mempresentasikan penelitian dan data pada Konferensi Toronto mengenai Osseointegration in Clinical Dentistry dan pada tahun yang sama FDA AS menyetujui penggunaan implan gigi titanium, dan kemudian kita mulai melihat implan gigi yang digunakan secara lebih luas.(Implan Gigi)

Tidak ada komentar :

Posting Komentar